Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indeks Saham LQ45 Periode Februari - Juli 2022

Indeks Saham LQ45 Periode Februari - Juli 2022

Setelah sebelumnya Admin menuliskan tentang indeks LQ45 Periode Agustus 2020 sampai dengan Januari 2021 yang memang sudah setahun lebih sejak artikel pertama tersebut diterbitkan, kali ini akan dituliskan tentang indeks terbaru untuk periode Februari 2022 sampai dengan Juli 2022.

Memang seperti itu ya, akan ada evaluasi berkala setiap 6 bulan oleh Bursa bahwa kalau ada Emiten yang layak masuk untuk menggantikan Emiten lama, maka akan dimasukkan.

Setidaknya akan ada 5 Emiten yang "terdepak" dari Indeks LQ45 dan akan ada 5 Emiten yang akan masuk menggantikannya. Apa saja itu? Penjelasan lengkapnya di bawah ya.


Pengumuman oleh Bursa

Setiap evaluasi indeks, akan diumumkan oleh regulator pasar modal di Indonesia, yaitu oleh Indonesia Stock Exchange.

Evaluasi indeks LQ45 ini barengan dengan evaluasi indeks lainnya, yaitu melalui pengumuman oleh Bursa dengan nomor pengumuman Peng-00023/BEI.POP/01-2022 pada tanggal 25 Januari 2022.

Evaluasi indeks sesuai pengumuman tersebut yaitu untuk indeks IDX30, LQ45, IDX80, Kompas100, MNC36 dan SMinfra18.

Indeks Saham LQ45 Periode Februari - Juli 2022


Pengertian Indeks

Untuk Sahabat Investor yang belum mengetahui pengertian dari masing-masing indeks diatas, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Dikutip dari situs resmi IDX, pengertiannya yaitu :

1. IDX30

IDX30 merupakan Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Jadi, indeks ini akan memberikan kemudahan Sahabat Investor jika masih bingung mau beli saham yang mana.

Ibarat tutup mata saja kita sudah bisa beli saham yang fundamental bagus karena sudah dipilihkan oleh Bursa.

Namun tetap, indeks bagus belum tentu harganya suatu saat akan naik, namun yang bisa dijaminkan adalah fundamental bagus. 

Biasanya memang fundamental yang bagus akan selaras dengan harganya yang cenderung akan naik, namun tidak menutup kemungkinan juga akan turun, seperti mungkin bisa dilihat untuk saham UNVR yang cenderung trennya turun dalam beberapa waktu ke belakang.

Jadi, semua keputusan jual atau beli akan kembali ke Sahabat Investor ya. Silakan baca bagian penafian/Disclaimer pada pengumuman Indeks Saham Januari 2022.

2. LQ45

Adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

3. IDX80

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 80 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Tentu akan ada perubahan jika dalam evaluasi 6 bulanan ditemukan ada Emiten yang tidak memenuhi syarat atau ada emiten baru yang akan masuk karena syarat IDX80 ini terpenuhi.

4. Kompas100

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 100 saham yang memiliki likuiditas yang baik dan kapitalisasi pasar yang besar.

Indeks KOMPAS100 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media Kompas Gramedia Group (penerbit surat kabar harian Kompas).

5. MNC36

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 36 saham yang memiliki kinerja positif yang dipilih berdasarkan kapitalisasi pasar, likuiditas transaksi, dan fundametal serta rasio keuangan.

Indeks MNC36 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media Media Nusantara Citra (MNC) Group.

6. SMinfra18

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 18 saham yang konstituennya dipilih dari sektor­sektor infrastruktur, penunjang infrastruktur, dan pembiayaan infrastruktur (dari sektor perbankan) yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu.

Indeks SMinfra18 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI).

Emiten Penghuni Indeks LQ45 Februari - Juli 2022

Berikut ini 45 Emiten yang pada periode ini termasuk indeks LQ45 dengan status masing-masing, yaitu ada yang baru dan juga ada yang lama (Emiten lama masuk indek LQ45 lagi).

Indeks Saham LQ45 Periode Februari - Juli 2022


Emiten Keluar dari Indeks LQ45 Februari - Juli 2022

Ada 6 Emiten yang dikeluarkan dari indeks ini, yaitu :

Indeks Saham LQ45 Periode Februari - Juli 2022

Jika Sahabat Investor memegang Emiten tersebut yang saat ini keluar indeks LQ45, jangan berkecil hati ya, karena walaupun Emiten sudah keluar belum tentu kinerja kedepan termasuk harganya akan jelek.

Yang perlu diperhatikan adalah silakan dianalisa kembali, jika memang posisinya masih bagus bisa di hold dan jika menurut analisa kurang bagus bisa out (bisa Cut Loss atau malah Take Profit dengan profit seadanya).

Lakukan analisa dengan cermat karena keputusan jual beli ada di tangan Sahabat Investor semuanya.

Penutup

Untuk penjelasan lain dalam bentuk video supaya artikel ini lebih lengkap silakan Sabahat Investor bisa melihat video dibawah ini, yang Admin ambilkan dari Channel Perjalanan Investor.

Admin berharap dengan adanya List saham LQ45 2022 terbaru ini bisa memberikan informasi yang berguna untuk Sahabat Investor semua dan calon Investor tentunya. 

Untuk informasi resmi mengenai Indeks Saham LQ45 tentunya dari Bursa Efek Indonesia ya Sahabat Investor, silakan langsung saja menuju ke situs idx.co.id ya Sahabat Investor.

Posting Komentar untuk "Indeks Saham LQ45 Periode Februari - Juli 2022"