Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indeks Saham LQ45 Periode Agustus 2020 sampai dengan Januari 2021

Pada artikel perdana ini Admin mau membagikan tentang Indeks Saham LQ45. Namun sebelum membahas Indeks Saham LQ45, semoga IHSG kita semakin kuat ya. 
 
Ditengah pandemi seperti ini sering terjadi IHSG merah, bahkan banyak saham-saham LQ45 yang mempunyai market capital yang besar pun beberapa ada yang merah juga.

Namun tidak apa-apa, sikapi dengan bijak, bagi para investor jangka panjang tetap berpedoman saja pada "in Fundamental We Trust". 
 
Selama kita memegang saham yang mempunyai Fundamental yang bagus, kita harus yakin saja bahwa saat pandemi ini berakhir capital gain akan naik juga.

PT Bursa Efek Indonesia - Indonesia Stock Exchange

PT Bursa Efek Indonesia - Indonesia Stock Exchange
Sumber : batamnews

Admin mulai membangun blog ini pada saat masa pandemi, semoga kekonsistenan dapat Admin jaga untuk memberikan sharing informasi mengenai Saham-Saham terutama pada indeks LQ45.
 
Kita saling berbagi informasi ya, saling mengkoreksi dan belajar tentang saham LQ45 dan saham-saham dalam indeks yang lainnya.

Pengertian Saham LQ45

Melalui Surat Pengumuman dari PT Bursa Efek Indonesia (IDX : Indonesia Stock Exchange) pada tanggal 24 Juli 2020, BEI melakukan update terhadap Daftar Saham LQ45 IDX.

Namun sebelumnya, sebagai tambahan informasi terutama untuk Sahabat Investor pemula, dikutip dari Situs IDX, pengertian Indeks LQ45 yaitu:
Indeks yang mengukur kinerja dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.
Pengumuman yang ditandatangani oleh Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan dan Kepala Divisi Riset PT Bursa Efek Indonesia bernomor Peng-00225/BEI.POP/07-2020 tersebut, berisi tentang daftar LQ45 terbaru (daftar saham likuid) yang diperdagangkan pada bulan Agustus 2020 sampai dengan Januari 2021.
Pengumuman Indeks Saham LQ45
Pengumuman Saham LQ45

Jadi, Daftar Saham LQ45 ini akan dilakukan evaluasi setiap 6 bulan sekali oleh BEI, sehingga setiap 6 Bulan BEI akan menentukan daftar Emiten LQ45 yang masuk dan yang keluar dari daftar LQ45 2020.

Sehingga ketika Sahabat Investor menginginkan dan memiliki saham perusahaan yang termasuk LQ45 ini, perlu dievaluasi juga setiap 6 bulan.
 
Hal ini tentu harus di evaluasi kalau Sahabat Investor memfavoritkan saham saham LQ 45 ini.

Indeks Saham LQ45 2020

Berikut Admin sampaikan lampiran dari surat pengumuman tersebut diatas, tentang daftar saham LQ45 2020, Emiten mana saja yang masuk dalam daftar perusahaan LQ 45 dan Emiten mana saja yang keluar dari LQ45 terbaru.

Emiten yang masuk Indeks LQ45 2020
Daftar Saham LQ45 Terbaru (termasuk Kode Saham LQ45)

Terlihat pada daftar tersebut, IDX LQ45 Agustus 2020 terdapat 42 perusahaan LQ 45 yang masih bertahan dalam Indeks dan terdapat 3 perusahaan LQ45 baru yang pada periode ini masuk dalam daftar LQ45, yaitu MDKA (Merdeka Cooper Gold Tbk.), MIKA (Mitra Keluarga Karyasehat Tbk.) dan SMRA (Summarecon Agung Tbk.).

Karena terdapat 3 list saham LQ45 baru yang masuk dalam indeks ini, maka harus ada 3 Emiten yang keluar dari indeks ini.
 
Berikut 3 Daftar Perusahaan LQ45 yang keluar dari Daftar Saham LQ45 2020.
Emiten yang keluar Indeks LQ45 2020
Emiten yang keluar dari Saham LQ45 2020

Terlihat pada daftar tersebut, 3 Emiten yang keluar dari perusahaan yang terdaftar di LQ45 adalah BRPT (Barito Pacific Tbk), LPPF (Matahari Department Store Tbk) dan WSKT (Waskita Karya (Persero) Tbk).

Manfaat Mengetahui Saham yang Termasuk LQ45

Dengan Sahabat Investor mengetahui saham indeks LQ45 terbaru ini, tentu akan memudahkan kita dalam memetakan salah satu indeks favorit dari para investor yaitu 45 saham yang liquid, kapitalisasi besar dan juga fundamentalnya baik.

Hal ini bagi Sahabat Investor pemula yang masih baru banget belajar, bisa menggunakan salah satu acuan ini jika ingin memiliki saham.
 
Namun semua keputusan dan efek atau akibat dari membeli saham pada Perusahaan yang masuk LQ 45 harus ditanggung Sahabat Investor ya. Pertimbangkan baik-baik ketika akan membeli saham.

Selanjutnya kita juga bisa memanfaatkan daftar yang termasuk saham LQ45 untuk mensosialisaikan ke Calon Investor sehingga akan banyak yang lebih tahu dan "melek" investasi melalui saham.
 
Karena di Indonesia sendiri dengan penduduk berjumlah lebih dari 260 Juta orang, menurut data yang dikutip dari Bisnis jumlah investor di Indonesia per Juli 2020 baru sekitar 3,02 Juta Investor.

Artinya di Indonesia baru sekitar 1,2% dari penduduk Indonesia yang menjadi Investor di pasar saham Indonesia.
 
Sehingga kita yang sudah berkecimpung di dunia saham bisa menjadi "agen" yang bisa mensosialisasikan Pasar Saham di Indonesia melalui Indeks BEI LQ45 ini.
 
Admin juga berharap dengan adanya blog ini Admin berperan untuk hal itu.
 

Penutup

Berikut ini video penjelasan mengenai  Saham di Indeks LQ45 yang diambilkan dari Channel YouTube Pelangi Inspirasi.

 
Admin berharap dengan adanya List saham LQ45 2020 ini bisa memberikan informasi yang berguna untuk Sahabat Investor semua dan calon Investor tentunya. 

Untuk informasi resmi mengenai Indeks Saham LQ45 tentunya dari Bursa Efek Indonesia ya Sahabat Investor, silakan langsung saja menuju ke situs idx.co.id ya Sahabat Investor.

Posting Komentar untuk "Indeks Saham LQ45 Periode Agustus 2020 sampai dengan Januari 2021"